gravatar

Pengenalan cisco

Pendahuluan

Anda dapat memikirkan suatu router Cisco sebagai tujuan khusus komputer. Ia memiliki sistem operasi sendiri, yang disebut Internetwork Operating System (IOS), serta file dan filesystem. Jadi kita akan mulai dengan pembahasan tentang fungsi-fungsi administrasi sistem dasar bahwa sebuah router insinyur harus tampil. Ini mencakup pengelolaan router Anda filesystem, upgrade sistem operasi, melakukan backup, dan memulihkan konfigurasi sistem.

Cisco router menggunakan flash memory, bukan disk, untuk menyimpan informasi. Media penyimpanan flash secara signifikan lebih mahal dan lebih lambat dari disk penyimpanan, tetapi jumlah penyimpanan yang diperlukan untuk menjalankan sebuah router yang relatif kecil dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer untuk keperluan umum. Flash juga memiliki manfaat penting bahwa ia cenderung lebih bisa diandalkan daripada penyimpanan disk.


Flash storage mirip dengan Random Access Memory (RAM), tetapi tidak perlu kekuasaan untuk menyimpan informasi, sehingga hal itu disebut non-volatile. Dan, tidak seperti Read Only Memory (ROM), Anda dapat menghapus dan menulis ulang flash dengan mudah. Ada jenis lain non-volatile solid state penyimpanan, seperti bisa dihapus Programmable Read Only Memory (EPROM) dan elektronik bisa dihapus Programmable Read Only Memory (EEPROM). EPROM tidak sesuai untuk router karena biasanya membutuhkan perangkat eksternal seperti sinar ultraviolet bersinar melalui jendela pada chip untuk menghapusnya. EEPROM, di sisi lain, dapat dihapus dengan menghapus hanya mengirimkan sinyal ke chip. Tetapi ada perbedaan penting antara EEPROM dan flash memory: ketika Anda menghapus sesuatu dari perangkat EEPROM, Anda harus menghapus seluruh perangkat, sementara perangkat flash penghapusan selektif memungkinkan bagian-bagian dari media.

Ini merupakan fitur penting untuk router, karena Anda tidak selalu ingin menghapus seluruh media penyimpanan untuk menghapus satu file. Dalam 1.11 dan Resep Resep 1,12, kita membahas cara-cara untuk menghapus file tunggal pada beberapa jenis router, tergantung pada jenis filesystem yang digunakan.

Setidaknya ada dua lembar penyimpanan non-volatile dalam router Cisco. Konfigurasi router informasi yang disimpan dalam perangkat yang disebut Non-Volatile RAM (NVRAM), dan gambar IOS disimpan dalam alat yang disebut lampu kilat (huruf kecil). Penting untuk tetap lurus karena nama-nama ini, tentu saja, semua memori Flash adalah non-volatile RAM. Dan, pada kenyataannya, kebanyakan router menggunakan teknologi Flash untuk NVRAM mereka. Jadi mudah untuk mendapatkan bingung dengan istilah-istilah.

Pada kebanyakan router Cisco, di daerah NVRAM di suatu tempat antara 16 dan 256KB, tergantung pada ukuran dan fungsi dari router. Router yang lebih besar diharapkan memiliki file-file konfigurasi yang lebih besar, sehingga mereka membutuhkan lebih banyak NVRAM. Perangkat lampu kilat, di sisi lain, biasanya upgradeable, dan dapat di mana saja dari beberapa megabyte untuk ratusan megabyte.

Kita sering berbicara tentang file konfigurasi router, tetapi sebenarnya ada dua file konfigurasi penting pada setiap router. Ada file konfigurasi yang menggambarkan keadaan saat ini menjalankan router, yang disebut berjalan-config. Kemudian, ada file konfigurasi yang menggunakan router untuk boot, yang disebut startup-config. Hanya startup-config disimpan dalam NVRAM, sehingga sangat penting untuk secara berkala memeriksa versi konfigurasi dalam NVRAM disinkronisasikan dengan versi yang router saat ini berjalan. Jika tidak, anda bisa mendapatkan kejutan dari sejarah kuno waktu berikutnya router reboot. Anda dapat menyinkronkan dua file konfigurasi dengan hanya menyalin berlari-config ke startup-config file:

Menjalankan Router1 # copy startup-config-config
Banyak Engineer Cisco , termasuk penulis, masih menggunakan versi kuno dari perintah ini dari kekuatan kebiasaan:

Router1 # write memory
Namun, perintah ini tidak hanya usang, itu juga kurang deskriptif mengenai apa yang router lakukan.

Router menggunakan perangkat penyimpanan flash yang lebih besar untuk menyimpan sistem operasi, atau IOS. Tidak seperti sistem operasi pada kebanyakan komputer, IOS adalah sebuah file yang berisi semua fitur dan fungsi yang tersedia pada router. Anda dapat memperoleh file gambar IOS dari Cisco pada CD atau, jika Anda memiliki account pada sistem mereka, Anda dapat men-download file IOS dari Cisco situs web menggunakan FTP.

Sebagian besar contoh di seluruh buku ini mengasumsikan bahwa Anda telah IOS Version 12. Namun, banyak dari fitur kita bahas juga tersedia dalam versi sebelumnya. Walaupun mungkin ada sedikit perubahan sintaks, kita berharap bahwa Cisco akan terus mendukung semua fitur kita menggambarkan dengan baik ke masa depan. Penting untuk menjadi fleksibel karena jika Anda bekerja dengan router Cisco banyak, Anda akan menemukan berbagai besar versi IOS yang berbeda, dengan berbagai perbedaan halus. Sayangnya, beberapa perbedaan yang halus ini benar-benar bug. Cisco menawarkan sistem pelacakan bug rinci pada situs web mereka untuk pengguna terdaftar.

Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda pergi untuk mengubah versi IOS pada router. Pertama adalah set fitur. Untuk setiap rilis IOS, Cisco menghasilkan beberapa versi yang berbeda. Mereka biasanya menawarkan Fitur Enterprise Set, yang mencakup semua fitur berbagai pilihan yang tersedia pada waktu tertentu. Karena IOS monolitik adalah file yang berisi semua fitur dan semua perintah, Enterprise IOS file tersebut biasanya cukup besar. Versi Enterprise umumnya jauh lebih mahal daripada dilucuti-down berbagai versi.

Versi IOS yang paling sederhana biasanya adalah IP Hanya Feature Set. Seperti namanya, ini hanya mencakup TCP / IP berdasarkan fungsionalitas. Di sebagian besar jaringan, Anda akan menemukan bahwa IP Saja Fitur Set lebih dari cukup. Pada kenyataannya, hampir semua resep dalam buku ini akan bekerja dengan IP Hanya versi IOS.

Jika Anda memerlukan protokol lain seperti IPX atau AppleTalk, Cisco IOS Fitur menghasilkan Set disebut Desktop yang berisi protokol-protokol ini. Mereka juga menawarkan beberapa variasi penting lainnya seperti IP Plus, IP Plus IPSec 56, IP Plus IPSec 3DES, dan sebagainya. Isi versi yang berbeda ini (dan bahkan nama-nama mereka sampai batas tertentu) berbeda dari rilis ke rilis. Kami mendorong Anda untuk berkonsultasi dengan fitur Cisco matrixes untuk memastikan bahwa fitur yang Anda perlukan dalam versi IOS yang Anda miliki.

Salah satu pertimbangan yang paling penting dengan rilis IOS adalah apakah Anda punya cukup RAM dan Flash memory untuk mendukung versi baru. Anda dapat melihat berapa banyak penyimpanan router Anda dengan melihat output dari perintah show version.

Penting lainnya yang harus diingat tentang gambar pada Cisco IOS router adalah bahwa setiap router memiliki gambar fallback terletak di router ROM. IOS ini gambar tersebut tidak dapat diubah atau ditingkatkan tanpa mengganti secara fisik chip ROM di router.

Router ROM berisi tiga item: daya self test (POST), program bootstrap, dan versi terbatas dari sistem operasi router. Router menggunakan program bootstrap saat boot. IOS image dalam ROM biasanya yang sangat dilucuti-down versi yang tidak mendukung banyak fitur-fitur umum (routing protokol, misalnya). Dalam siklus boot normal, router akan memuat pertama POST, maka program bootstrap diikuti oleh IOS image yang sesuai.